Yuk Ganti Air Radiator Vario 125 Sendiri, Mudah kok

Ganti Air Radiator Vario 125 Sendiri - Vario 125 adalah motor matic yang memakai sistem pendinginan cairan. Dengan menggunakan sistem ini tentu lebih efektif ketika berada dalam kemacetan dibanding sistem pendingin udara. 

Cairan pendingin atau yang disebut coolant akan bersirkulasi didalam mesin untuk menyerap panas dan kemudian dilepaskan keudara di radiator dengan bantuan kipas. Berbeda dengan sistem pendingin udara yang tidak memerlukan perawatan berkala, pada sistem pendingin cairan ini perlu dilakukan perawatan secara berkala terutama pada air radiator atau coolant.

Cara Mengganti Air Radiator Vario 125

Penggantian air radiator pada motor vario 125 ini disarankan setiap 24 ribu kilo meter. Karena setelah pemakaian yang cukup lama bisa saja kualitas air pendingin tersebut berkurang. Jika ini terjadi tentu berdampak pada kurang optimalnya sistem pendinginan yang akan berdampak pada mesin terjadi overheat. 

Tak sulit untuk menguras air pada radiator Vario 125 dan kemudian mengganti coolant dengan yang baru. Jika memang anda belum pernah melakukanya, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Mengganti Air Radiator Vario 125

1. Siapkan terlebih dahulu 2 buah botol coolant 500 ml
Cairan pendingin atau coolant ini dapat anda dapatkan di Bengkel Resmi Honda seharga Rp 20 ribu untuk setiap botolnya. Saya sarankan untuk memilih yang asli dari Honda karena sudah dilengkapi dengan anti karat
2. Buka Cover Radiator
Cara Mengganti Air Radiator Vario 125
Mengganti Air Radiator Vario 125
Dengan menggunakan kunci T-8 lepas baut pengunci cover radiator Vario 125. Siapkan terlebih dahulu wadah untuk menampung air radiator yang akan dikuras baru kemudian lepaskan baut pembuangan dengan menggunakan kunci bintang 5. Jangan lupa lepaskan tutup radiator agar airnya lancar mengalir
3. Isikan air radiator atau coolant yang baru
Setelah air radiator terkuras habis, pasang kembali baut pembuangan dan tuangkan coolant sampai penuh. Setelah itu pasang kembali tutup radiator.
4. Isi reservoir tank atau tabung cadangan dengan coolant
Yang perlu diperhatikan adalah batas ketinggian dalam tabung cadangan. Usahakan tidak melebihi batas upper pada tabung cadangan tersebut.

Gimana sudah jelas ? kini anda tidak perlu membawa ke bengkel untuk mengganti air radiator Vario 125 anda karena untuk penggantianya cukup simple bukan. Nah semoga info ini bisa berguna jika ada pertanyaan bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.