cara betulin power bank

CARA MEMPERBAIKI POWERBANK YANG RUSAK

Image result for cara betulin power bank


                Selamat datang para blogger mania, bertemu lagi pada postingan saya kali ini yaitu tentang bagaimana cara memperbaiki powerbank yang rusak. Pada zaman semaju ini tentu tidak asing lagi mendengar yang namanya powerbank. Selain kegunaannya yang praktis dan mudah di bawwa ke mana saja membuat banyak orang ingin mempunyainya. Pada saat listrik mati dan powerbank tidak dapat mengisi hp anda maka jalan satu satunya adalah menunggu sampai listrik hidup lagi, hehee,.
                Powerbank sering rusak karena beberapa faktor di antaranya adalah faktor umur powerbank itu sendiri / karena battrey di dalamnya sudah rusak. Nah kalau rusak pada bagian batery nya maka jalan satu satunya adalah membuangnya dan mengganti dengan yang baru, nah kalau rusaknya pada bagian rangkaiannya bisa di perbaiki dengan cara :
1.      
Bukalah cassing powerbank, yaitu dengan mencongkelnya dengan menggunakan obeng minus.
2.       Langkah ke dua yaitu membuka rangkaian yang ada pada powerbank, lepaslah kabel positif dan kabel negatif yang menghubungkan battery dengan rangkaian.
3.       Setelah melepas kabel ambil batterynya dan cek dengan multitester. Jika jarum bergerak ke kanan kemudian bergerak ke kiri itu pertanda bahw batery masih baik dan kerusakan terdapat pada rangkaian, kalau jarum bergerak ke kanan dan tak kembali maka battery agak rusak, dan kalau jarum tak bergerak sama sekali maka battery putus.
4.       Setelah mengecek kondisi battery dan ternyata baik, maka langkag selanjutnya yaitu memperbaiki pada rangkaiannya. Perbaikan pada rangkaian di mulai dengan melihat secara visual apakah ada jalur yang retak retak atau tidak,
5.       Dan setelah melihat jalur pada pcb dan hasilnya bagus maka kita langsung mengarah pada ic regulatornya. Ic ini dapat di perbaiki tanpa harus mengganti ic itu, yaitu hanya dengan cara sistem blog. Sistem blog yaitu langkah untuk memulihkan ic dengan cara menghubungkan semua kaki kaki ic.
6.       Blog lah semua ic yang terdapat pada rangkaian. Kemudian tunggu beberapa menit. Dan berdoalah agar perbaikan dapat berhasil. Setelah beberapa menit lepaskan hubungan hubungan antar kaki kaki ic dengan cara menyoldernya, dan setelah itu pasang kembali kabel yang menghubungkan battery dengan rangkaian. Denggan cara menyoldernya dengan kuat dan pasang pada cassing powerbank. Lalu tutup kembali powerbanknya.
7.       Setelah itu hubungkan powerbank dengan charger. Isi powerbang selama 1 jam atau lebih, yaitu untuk mengetahui apakah kita berhasil dan cobalah mengecas hp anda dengan powerbank itu , dan hasilnya dapat di lihat sendiri,
Demikian lah artikel tentang bagaumaa memperbaiki powerbank yang rusak dan semoga bermanfaat